Thursday, October 28, 2010

Donald Trump: Sukses Bukan dari Bakat Alam Saja!

Banyak orang merasa minder dengan kesuksesan yang diperoleh orang lain. Bahkan banyak orang berpikir, orang-orang sukses memang sudah dikaruniai bakat alam oleh Tuhan sejak lahir. Tapi, apakah itu benar?

Seorang Donald Trump, miliarder yang sukses dengan bisnis media dan real estate-nya tidak menyangkal kemungkinan 'bakat alam' yang mungkin dimilikinya untuk meraih kesuksesan.

Hanya saja, dia menekankan bahwa untuk meraih kesuksesan terutama dalam bisnis, juga diperlukan keahlian yang diasah yang perlu disiplin dan fokus.

"Seperti halnya atlet atau musisi yang gigih dan melakukan bertahun-tahun pelatihan," ungkapnya sebagaimana dikutip okezone dari buku berjudul Think Like A Champion, terbitan Daras Book.

Selain disiplin dan fokus, Donald juga membocorkan sedikit rahasia kesuksesannya, yaitu ada keberanian dalam kadar tertentu dan sebagian keberanian itu membuat sesuatu terlihat lebih mudah.

Trump bahkan senang sekali mengutip pernyataan Andy Warhol yang menyatakan "Mencari uang adalah seni, bekerja adalah seni, dan bisnis yang baik adalah Senin terbaik."

Dia lagi-lagi memaparkan bahwa dia meraih keunggulan karena dia dengan sengaja memilih untuk berkembang ke dalam sebuah keunggulan. Hal itu juga dapat berlaku untuk Anda.

"Selain itu, saya juga percaya keberuntungan. Saya kenal orang yang telah bekerja keras dan melakukan segalanya untuk sukses, tapi sukses kelihatannya tak juga terjadi pada mereka. Saya tak yakin apa alasannya konkretnya, tapi itu membuat Saya percaya pada keberuntungan hingga taraf tertentu," papar Pria yang melejit lewat program TV The Apprentice ini.

Namun dia juga percaya bahwa setiap orang tidak bisa sukses terus-menerus karena itu adalah keseimbangan dalam dunia yang tak selalu bisa kita kendalikan.

"Bisnis adalah tentang kreativitas. Di situlah bagian seninya berasal. Tiap industri memiliki pemimpinnya, dan jika saya dikenal di real estate, itu karena saya menggeluti pekerjaan saya secara kognitif serta secara kreatif," paparnya.

Kadang orang berpikir semua terjadi dalam semalam, tapi bukan itu masalahnya. Sukses sering kali adalah masalah kesabaran, dan kesabaran bisa dikembangkan jika Anda tidak memilikinya secara alamiah.

"Jadi, kesimpulannya, apakah sukses bisnis itu bakat alam? Saya kira itu kombinasi dari bakat, kerja, dan keberuntungan," pungkas sang miliarder.(ade)

No comments:

Post a Comment