Tuesday, May 4, 2010

how to start to be a developer

Mencari Lahan yang Layak
lahan yang layak ditinjau dari sisi mana saja?Banyak faktor yang bisa dijadikan patokan.Dari lokasi,harga dasar,bentuk lahan,status lahan,cara pembayaran.Lokasi dan harga dasar akan mempengaruhi segmentasi pasar.Bentuk lahan akan mempengaruhi efektifitas lahan komersil.Status lahan akan mempengaruhi percepatan proses perijinan yang berakibat biaya.Cara pembayaran mempengaruhi besaran modal yang musti digelontorkan.
Sisi kelayakan lainnya adalah apakah lahan tersebut dapat dibangun perumahan.Perihal ini dapat anda survey di dinas terkait(Bappeda atau BPN)untuk melihat Rencana Umum Tata Ruang(RUTR).Jangan sampai lahan yang akan anda beli adalah lahan untuk daerah industri yang tidak mungkin anda kembangkan menjadi perumahan,atau peruntukan untuk daerah resapan,atau banjir kanal.

Menghitung Cepat
Pernah membaca buku Blink?Bahwa otak kita dapat bekerja secara cepat berdasarkan pengalaman sebelumnya.Ya....ini bagi anda yang sudah mahir.Karena sering ketemu lahan,sering menghitung,dan sering praktek.Tapi bagi anda yang pemula,tentu saja ini tidak mudah.


Perencanaan Lahan
Banayk hal yang mesti disusun dalam perencanaan lahan.Terdapat siteplan atau gambar kawasan yang terdiri dari beberapa kaplinh komersil,berapa besaran fasilitas umum,gambar jalan,lebar jalan,lebar kapling,dan sebagainya.Anda dapat gunakan jasa konsultan perencanaan untuk melakukan pekerjaan ini.
Anda juga survey pemasaran untuk melihat persaingan pasar di daerah tersebut.Kami biasa menyamar sebagai calon konsumen,bertanya banyak hal ke marketing developer dari harga jual (tentunya beserta diskon ),spesifikasi,cara pembayaran,pajak-pajak jual beli.Juga sering kali menghampiri tukang,mandor atau kontraktor yang sedang mengerjakan proyek disana,untuk mengetahui harga borongan.Syukur-syukur kenal kontraktor yang dapat diajak kerja sama
Mapping lokasi di atas peta sebuah kota serig kali kami lakukan.Untuk mengetahiu titik-titik pesaing dan keunggulan lokasi kami dibandingkan dengan yang lain.
Yang terakhir adalah membuat detail kelayakan proyek.Bab ini juga dapat anda peroleh dibagian buku ini dan file contoh perhitungan kelayakan dapat anda download di milist yukbisnisproperti@yahoogroups.com.

Modal
Modal salah satu yang perlu persiapkan untuk menjalankan bisnis ini.Dalam bagian lain dari buku ini,anda akan mendapatkan cara-cara bagaimana menekan modal,sehingga modal yang akan di keluarkan menjadi kecil.Bahkan anda tidak perlu modal sama sekali.

Perijinan
Setelah kesepakatan dengan pemilik tanah dan investor sudah di dapatkan.Proses perijinan perlu dijalankan.Hanya saja perijinan di satu daerah dengan daerah lainnya dapat berbeda satu sama lain.Tidak ada pakem yang sama untuk di ikuti.
Bila daerah tersebut memiliki Dinas Satu Atap,akan memudahkan anda mengurus perijinan,jika tidak anda musti bergerilya dari BPN,Bappeda,Kimpraswil untuk mengetahui urutan perijinan.Atau lebih mudahnya,berikan saja kewenangan kepada notaris yang sudah ahli dibidang perijinan untuk mengurus perijinan lokasi anda.

Pemasaran
Setelah perijinan di peroleh,setidaknya dapat dipastikan dapat di peroleh,maka lanjutkan dengan promosi dan penjualan.Banyak cara dalam promosi.Ada out door dan in door.Dengan spanduk,billbroad,umbul-umbul,iklan koran,website,pameran,brosur dan lain-lain.
Jika survey pasar anda di awal tepat.Dan anda meramu harga jual.Kami yakin,tak lebih dari 2 bulan,produk anda akan terjual 50%.

No comments:

Post a Comment